Menjalankan bisnis di zaman teknologi yang serba canggih saat ini sangatlah mudah dilakukan. Bagi Anda pelaku UKM, Anda dapat memanfaatkan internet untuk berjualan produk Anda, yang sering dilakukan yaitu melalui media sosial facebook dan instagram. Banyak keuntungan yang didapatkan, salah satunya produk yang Anda jual dapat dengan mudah dikenal langsung oleh banyak orang. Mulai dari indonesia sampai ke dunia dengan melakukan branding produk UKM di media sosial.
Namun, seberapa efektif kah berjualan melalui media sosial itu? apakah semua produk yang akan dijual membutuhkan branding? Anda bisa maksimalkan berjualan hanya dengan media sosial. Branding melalui media sosial sangat penting dilakukan sebagai pemikat produk yang ingin Anda jual.
Mengapa Harus Branding Produk Melalui Media Sosial? Semua pengusaha pastinya ingin produknya laku dan dikenal banyak orang. Tentu semua seorang wirausaha pasti memiliki tujuan yang sama yaitu produknya dapat terjual dan disukai oleh banyak orang. Agar produk Anda dapat dikenal cepat oleh banyak orang, tentu harus melakukan branding.
Media sosial saat ini merupakan sarana yang tepat untuk melakukan branding produk. Banyak keuntungan untuk pengusaha ketika memaksimalkan media sosial sebagai ladang berbisnis.
Media yang tepat sebagai lahan untuk branding produk yaitu Facebook, Instagram, dan whatsapp. Sejauh ini ketiga media sosial tersebut yang menjadi incaran para pengusaha termasuk pelaku UKM dalam memasarkan produk mereka di dunia maya.
Keuntungan Memanfaatkan Media Sosial Sebagai Sarana Untuk Branding Produk
Saat Anda akan menjual produk atau jasa melalui media sosial, branding sangat penting untuk di lakukan, karena sangat mempengaruhi kelancaran usaha Anda kedepannya. Banyak pelaku UKM yang menyepelekan pengenalan produk kepada konsumen melalui media sosial. Padahal banyak keuntungan yang didapat jika kita mengenalkan produk ke konsumen lama maupun konsumen baru.
keuntungan Sosial Media Sebagai Media Branding Produk
1. Produk yang Anda Jual Mudah Diingat
Keuntungan yang besar jika produk yang Anda jual diingat dan banyak konsumen suka, karena tujuan dari sebuah usaha adalah mengenalkan produk atau jasa, setelah itu produk tersebut diterima oleh masyarakat luas. Apabila Produk yang dijual mudah diingat dan banyak orang suka, maka keuntungan besar segera menjadi milik Anda.
2. Membangun Kepercayan Konsumen
Jika produk yang Anda jual dikenalkan dengan maksimal, misalnya gaya komunikasi yang tepat, maka konsumen akan mudah percaya dengan produk yang Anda jual. Kepercayaan sangat penting dalam bisnis. Hal ini jangan disepelekan.
3. Segmentasi Pasar yang Tepat Sasaran
Dengan melakukan strategi branding yang tertarget di media sosial, Anda akan dapat visitor yang banyak. Anda bisa atur target pasar dengan menggunakan gaya bahasa yang tepat dan milenial di sosial media.
Tips Jitu Melakukan Branding Produk Di Media Sosial
Banyak para pelaku usaha yang melakukan branding di media sosial kurang maksimal, sehingga produk yang dijual tidak menghasilkan keuntungan sesuai yang di harapkan. Setidaknya Ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan.
1. Memiliki Desain Produk dan Gaya Bahasa yang Memikat Sehingga Mudah Diingat
Buatlah produk yang memiliki karakter unik dan menarik. Misalnya pemilihan bahasa dan desain yang unik. Desain dan bahasa bisa mempermudah konsumen dalam mengingat produk Anda.
Produk yang di branding harus mempunyai karakter yang jelas. Hal tersebut dapat mempermudah Anda dalam pemasaran di media sosial. Misalnya desain yang berkarakter, tidak norak dan gaya bahasa yang memiliki ciri khas serta konsisten dalam membuat karakter branding produk.
2. Menentukan Logo Produk Agar Dikenal Banyak Orang
Banyak produk saat ini jika melihat logonya saja bisa mendiskripsikan apa barang yang dijualnya. Seperti produk sepatu dengan logo garis 3 strip atau sepatu dengan logo centang yaitu sepatu Adidas dan Nike. Tanpa ada tulisan, dengan melihat logo tersebut semua orang sudah mengetahui nama produk itu. Hal itulah yang dinamakan kekuatan dari branding. Selain itu, logo menjadi ciri khas produk. Usahakan membuat logo yang simpel agar mudah diingat.
3. Membuat Konten Harus Fokus Pada Produk yang Ingin Dijual
Para pelaku usaha yang melakukan branding produknya melalui media sosial biasanya dengan memperbanyak content pendukung. Memperbanyak konten merupakan salah satu cara yang baik untuk branding, tetapi banyak konten terkadang menjadi tidak fokus.
Usahakan dalam membuat konten tidak keluar dari produk yang dijual dan harus relevan dengan produk yang ingin Anda branding.
Itulah beberapa cara yang bisa Anda terapkan dalam mengenalkan produk di media sosial secara efektif. Dengan melakukan branding di media sosial, Anda bisa memiliki peluang besar untuk menjadikan produk dikenal oleh banyak orang.