Revolusi Industri 4.0 merupakan era baru di tahun 2020 ini dalam dunia wirausaha di Indonesia. Munculnya revolusi industri 4.0 ini harus kita jadikan sebagai peluang emas dan dobrakan tekat serta semangat untuk berwirausaha. Pada industri 4.0 ini semua orang baik itu pekerja karir dapat dengan mudah menjadi seorang pengusaha.
Era baru dalam dunia Industri ini sangat berikatan erat dengan pelaku Usaha Kecil Menengah atau UKM. di Indonesia saat ini program UKM sedang gencar-gencarnya digalakkan oleh pemerintah. Banyak program yang memfasilitasi masyarakat agar berpola pikir menjadi seorang wirausaha.
Tidak hanya itu, program-program UKM yang dibuat pemerintah tersebut bertujuan untuk masyarakat yang mampu bersaing dengan global. Sehingga saat ini banyak sekali wirausaha baru yang tentu menjadi kompetitor untuk persaingan dalam dunia UKM.
Lalu bagaimana para pelaku Usaha Kecil Menengah dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0 ini? Kita tentu sudah mengetahui bahwa era baru dalam industri ini muncul dalam pembaharuan di berbagai bidang dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat ini sebagai penggerak utamanya.
Banyak yang diuntungkan dengan adanya revolusi industri 4.0 ini, para pelaku usaha dapat dengan mudah mengkolaborasikan berbagai kegiatan usaha dengan memanfaatkan fasilitas teknologi internet. Namun tantangan terbesarnya yaitu kemampuan pelaku usaha untuk beradaptasi dengan revolusi industri 4.0.
Para pelaku UKM di Indonesia saat ini sudah banyak yang Go Digital. tetapi, masih ada juga pelaku UKM yang masih menjalankan bisnis di dunia offline. Alasannya karena keterbatasan dalam pemahaman di dunia digital. Dengan kejadian tersebut peran pemerintah saat ini sangat penting untuk pelaku UKM guna pemerataan pemahaman teknologi digital di kalangan masyarakat.
Masa Depan Pelaku UKM Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0
Ketika berbicara tentang masa depan, semua orang pasti menginginkan masa depan yang lebih baik. Bagaimana dengan para pelaku UKM? sudah jelas jika kedepannya ingin mendapatkan hasil yang lebih baik dari sebelumnya. Sesuai dengan tujuannya, UKM diciptakan untuk membuka peluang usaha baru yang diharapkan terciptanya lapangan pekerjaan.
Usaha Kecil Menengah tentu bisa menjadi pendobrak perubahan dalam industri di Tanah Air. Dari tahun ke tahun UKM di Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan. Peningkatan pengusaha baru ini dapat memberikan energi baru baik kepada pemerintah ataupun masyarakat dalam persaingan pasar global.
Pengaruh Teknologi digital menjadi dasar dalam revolusi industri 4.0 dan menjadikan para pelaku usaha kecil menengah wajib memahami kemajuan teknologi digital. Jika sudah sesuai yang di harapkan, sepuluh tahun kedepan perekonomian Indonesia mampu menjadi TOP 10 Dunia.
Dalam menghadapi industri 4.0 para pelaku UKM harus mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi agar tidak tertinggal oleh yang lain. Palaku UKM diharuskan memahami teknologi setidaknya untuk mempertahankan usahanya, jika tidak mampu bersing, kemungkinan gulung tikar sangat besar.
Hal yang Harus Diperhatikan Para Pelaku UKM Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0
Demi merealisasikan ambisi pemerintah untuk menjadi top 10 ekonomi global pada tahun 2030, setidaknya kita harus memerhatikan beberapa hal berikut ini.
1. Untuk Menguasai Revolusi Industri 4.0, Pelaku UKM Harus Memiliki Literasi Digital yang Tinggi
Yang menjadi tantangan masyarakat Indonesia dalam menaklukan era ini adalah harus disertai dengan literasi digital yang tinggi. Memahami teknologi digital hukumnya sudah menjadi wajib saat ini.
Memahami teknologi digital merupakan modal utama dalam bersaing dengan kompetitor. apabila sudah mengerti akan teknologi digital, pelaku usaha dapat dengan percaya diri bersaing di dunia global. Dengan bermodalkan internet kita sudah bisa menjadi pengusaha di Era saat ini.
2. Pelaku UKM Harus Beradaptasi dengan Digital
Kunci utama dalam berbisnis yaitu bagaimana strategi kita dalam berbisnis dengan memanfaatkan teknologi digital saat ini. Bahkan segala sektor pun akan beralih ke era digital seperti bisnis kuliner, fashion dan lain sebagainya. Salah satunya adalah dengan cara pemberdayaan pelaku ukm menuju ke toko online.
Baca juga : Cara Memulai Usaha Kuliner Agar Sukses dan Lancar
3. Kualitas Produk Harus Ditingkatkan Agar Mampu Bersaing
Pelaku UKM harus berpikir kreatif dan dinamis dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Produk sangat berperan penting dalam kelangsungan bisnis Anda. Banyak pelaku usaha yang gagal dalam menjalankan bisnis karena produknya tidak laku.
Biasanya produk yang tidak laku disebabkan karena produk yang dijual tidak menarik dan tidak sesuai permintaan pasar. Dengan cara lain, jadi Anda harus bisa memahami keinginan pasar yang sedang trending saat ini. Anda bisa membuat produk dan strategi penjualan yang bisa memikat hati konsumen.
Apapun jenis bisnisnya, ada beberapa cara untuk meningkatkan kualitas produk seperti menentukan KPI (Key Performance Indicator) tujuannya agar Anda bekerja lebih keras lagi dan memiliki target. Selain itu Anda juga harus membuat review produk kepada para pembeli untuk evaluasi. Semoga bermanfaat !