Cara Membuat Desain Kemasan Produk – Dalam sebuah bisnis terdapat beberapa faktor yang menentukan branding pada bisnis. Salah satu faktor yang berperan penting adalah kemasan yang Anda gunakan. Kemasan adalah bagian kepribadian brand Anda untuk menyampaikan pesan.
Anda dapat memasukkan identitas brand Anda melalui kemasan dengan logo, warna, desain, dan sebagainya. Hal ini akan menentukan bagaimana pelanggan berinteraksi dengan brand Anda melalui kemasan, karena impresi pertama yang akan menentukan pelanggan untuk membeli suatu produk.
Pada kemasan, Anda diberikan kesempatan untuk menonjol dari kompetitor lainnya. Pastikan kemasannya menonjol dari yang lain. Maka dari itu, kemasannya Anda buat sedemikian rupa menggambarkan karakter dan unik untuk brand Anda.
Bagaimana sih cara membuat desain kemasan produk yang menarik dan tepat untuk brand Anda? Simak cara membuat desain kemasan produk di berikut ini!
Cara Membuat Desain Kemasan Produk
1. Kemasan yang Melindungi Produk
Satu kunci dalam membuat packaging yang tepat adalah dengan menggunakan kemasan yang melindungi produk Anda. Jadikanlah produk Anda sebagai barang yang berharga, karena Anda tidak ingin pelanggan Anda mendapatkan produk yang rusak akibat keamanan kemasan yang kurang maksimal. Hal itu akan mempengaruhi ulasan pelanggan yang nantinya berkesinambungan pada penjualan Anda.
Misalnya, jika Anda ingin menjual produk makanan berupa saus sambal, Anda harus menyiapkan botol dengan kaca yang tahan banting, dan usahakan penutup yang kedap udara agar menjaga ketahanan makanan agar tidak cepat basi. Saat proses pengiriman, kemasan Anda akan diuji terlebih dulu dengan ketahanan banting oleh pihak logistik.
2. Buatlah Kemasan Layaknya Investasi
Ketika berbicara mengenai keamanan produk, Anda pasti harus mempersiapkan modal untuk berani membeli kemasan yang kualitasnya tinggi dan terpercaya. Sementara itu, kemasan yang terpercaya dan berkualitas akan menambah nilai pada brand Anda agar lebih berkelas dan memberikan kesan untuk memuaskan pelanggan.
Meskipun kemasan berkualitas membutuhkan modal yang banyak, tetapi jadikan ini sebagai investasi untuk brand Anda kedepannya. Karena kedepan akan lebih banyak pelanggan yang akan percaya akan produk Anda dan pembelian produk Anda akan meningkat.
3. Fokus ke Tipografi
Tipografi merupakan desain visual yang penting. Unsur-unsur penting pada tipografi adalah pewarnaan yang sesuai dengan desain tanpa memuat banyak variasi warna-warni, font dan gaya tulisan yang tidak berlebihan dan sesuai dengan karakter brand, dan penempatan yang rapi dan elegan.
Pastikan tulisan yang Anda masukkan juga tidak ribet dan banyak basa-basi. Konsumen tidak akan membaca tulisan yang berbelit-belit kata-kata nya. Anda pastikan desain produk se simple dan se mudah mungkin untuk dipahami pelanggan.
4. Buat Desain Simple
Kemasan produk harus dibuat dengan simple, praktis dan elegan, tetapi tetap mencolok untuk diperhatikan pelanggan. Pastikan desain kemasan Anda juga sesuai dengan brand image yang Anda pasarkan. Misalnya packaging produk harus cocok dengan desain marketing visual lainnya dengan font, warna, dan slogan yang sama. Jangan jadikan kemasan produk Anda terlalu ramai dan memiliki desain yang berlebihan. Simple memberikan kesan yang elegan dan mahal.
5. Ramah Lingkungan
Di zaman sekarang, sudah banyak desain kemasan produk yang mementingkan ramah lingkungan. Dengan menambah nilai ramah lingkungan, brand Anda akan memiliki nilai Corporate Social Responsibility (CSR) dengan eksposur yang dipandang oleh pelanggan. Selain itu, masyarakat akan lebih tertarik dengan brand yang memiliki kesadaran akan kontribusi terhadap lingkungan dan masyarakat. Nilai lebih nya yaitu Anda juga dapat mendukung gerakan ramah lingkungan dengan mengurangi produksi kemasan yang berbahaya untuk bumi ini.
Itulah lima cara dan prosedur membuat desain kemasan produk yang menarik. Packaging merupakan faktor penting dalam branding bisnis Anda. Maka dari itu, pastikan Anda buat sesuai dengan guideline tersebut. Untuk lebih pasti dengan packaging Anda. Selamat mencoba ! Semoga bermanfaat.